PEMIMPIN tertinggi Syiah Iran Ayatollah Ali Khamenei mengendalikan kerajaan bisnis bernilai sekitar 95 milyar dolar. Jumlah ini melebihi nilai ekspor minyak tahunan Iran, demikian hasil penyelidikan Reuters.
Organisasi yang disebut Setad, merupakan salah satu kunci yang membuat pemimpin Iran itu sekarang memegang saham di hampir setiap sektor industri Iran, termasuk keuangan, minyak, telekomunikasi, produksi pil KB dan bahkan burung unta di pertanian.
Setad telah membangun kerajaan bisnis mereka dengan melakukan penyitaan terhadap ribuan properti milik warga biasa Iran – anggota kelompok agama minoritas, warga Syiah, pelaku bisnis dan orang Iran yang tinggal di luar negeri.
Penyelidikan Reuters, menunjukkan bagaimana Setad telah mengumpulkan portofolio raksasa real estate dengan mengklaimnya di pengadilan Iran. Organisasi itu kini atas perintah pengadilan, memonopoli industri sektor properti atas nama pemimpin tertinggi Iran.
Wartawan Reuters mengidentifikasi hampir 300 properti milik Setad disiapkan untuk dilelang dan nilainya jutaan dolar.
Di bawah Khamenei, organisasi Setad elah memperluas kepemilikan perusahaan, membeli saham di puluhan perusahaan Iran, baik swasta dan publik, dengan tujuan menciptakan konglomerat Iran untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara.[fq/islampos/reuters]
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: